Jumat, 17 April 2009

Perempuan yang menentang Tirani kekuasaan

Lihatlah pada teks-teks syariat dalam Al-Qur'an dan sunnah Nabi. Sesungguhnya Allah telah memuji seorang wanita shalehah dan menyanjumg seorang wanita mukminah. Allah berfirman :

"Allah telah menciptakan satu contoh bagi orang-orang yang beriman, yaitu perempuan (istri) Firaun ketika ia berdoa, 'Wahai Tuhanku, bangunkanlah buatku sebuah rumah yang dekat dengan-Mu di surga dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, sera selamatkanlah aku dari orang-orang yang berbuat kezhaliman."(QS.At-Tahrim: 11)

jadi renungkanlah kenapa Allah menjadikan perempuan (Asiyah r.a) ini sebagai contoh atau panutan bagi orang-orang mukmin atau mukminah?Kenapa Allah menjadikannya sebagai model dan fenomena yang jelas bagi mereka yang ingin mendapatkan hidayah dan melaksanakan sunnah Allah dan Rasul-Nya dalam kehidupan? betapa cerdas dan terbimbingnya perempuan ini; ia memohon untuk selalu dekat dengan Rabb nya yang mulia, mendahulukan kedekatan dengan Allah ketimbang istana, dan tidak mau menaati seorang pendosa dan kafir, Firaun, serta menolak untuk hidup di kemewahan. Ia memohon sebuah rumah yang lebih abadi, lebih indah, disamping Tuhan alam semesta, di surga dengan sungai-sungainya, di tempat yang di senangi di sisi Tuhan yang Berkuasa. Ia adalah seorang perempuan agung, yang dengan kemauan hati dan keyakinannya mampu meninggalkan suaminya yang ingkar terhadap kebenaran iman.

Maka, ia disiksa karena keimanannya kepada Allah, dan hidupnya berakhir dengan kepulangannya ke haribaan Allah. Akan tetapi Allah menjadikannya sebagai contoh panutan bagi setiap orang mukmin dan mukminah hingga datangnya hari kiamat. Allah pun memujinya dalam kitab suci, menorehkan namanya serta menyanjung amal perbuatannya. Sedangkan suaminya Firaun, Allah pun mencela perbuatannya yang menyimpang dari jalan Allah di muka bumi.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi nya untuk membaca dan mengomentari artikel ini..
Komentar anda membuat saya terus semangat dalam menyampaikan,mendakwahkan dan menyebarkan agama islam