Sabtu, 12 Juni 2010

Jangan Kau Warnai Hitam Rambutmu

Didalam sebuah hadits dari Nabi saw bersabda,”Barangsiapa yang memiliki rambut hendaklah menghormatinya.” (HR. Abu Daud) serta hadits-hadits lain yang menyatakan tentang hal itu dan sebagian ulama pun telah menshahihkannya.

Bentuk-bentuk penghormatan itu beraneka ragam dan hal itu berlaku bagi kaum laki-laki dan perempuan dengan segala sesuatu yang pantas bagi rambut, seperti : menyisirnya, meminyakinya dan mewarnainya untuk menyembunyikan uban yang ada.

Para ulama klasik telah membicarakan tentang pencatan rambut dengan warna hitam dan kebanyakan mereka melarangnya akan tetapi dalil-dalil mereka diarahkan kepada kaum laki-laki atau untuk mengelabui seperti seorang wanita tua yang ingin tampak lebih muda agar ada yang berminat menikahinya.

Dianjurkan menggunakan pacar/ inai, sebagaimana perbuatan Nabi saw yang diriwayatkan oleh Ahmad, Ibnu Majah dengan sanad yang tsiqoh (bisa dipercaya). Juga perbuatan Abu Bakar dan Umar. Namun dimakruhkan menggunakan warna hitam sebagaimana pernyataan Ahmad ketika ditanya tentang hal itu,”Apakah makruh menggunakan pewarna hitam?’ dia menjawab,’betul, demi Allah berdasarkan sabda Nabi saw tentang ayahnya Abu Bakar,”Jauhilah warna hitam.” (HR. Muslim) dan sebabnya—sebagaimana diterangkan oleh sebagian mereka—bahwa seorang yang sudah tua renta apabila mewarnai rambutnya dengan warna hitam maka itu adalah penyakit. Ishaq bin Rohuyah memberikan keringanan (rukhshah) kepada para wanita yang ingin berhias untuk suaminya serta tidak memakruhkannya jika hendak berperang.

Sementara menurut para ulama Syafi’i adalah dianjurkan mencat rambut bagi seorang laki-laki dan wanita dengan warna kuning atau merah namun diharamkan menggunakan warna hitam, demikianlah pendapat yang benar menurut mereka.
Dan diantara dalil yang melarang mencat rambut dengan warna hitam—disamping hadits ayahnya Abu Bakar—adalah,”Akan terdapat di akhir zaman suatu kaum yang mencat dengan warna hitam bagai tembolok burung dara dan mereka tidaklah mencium bau surga.” (HR. Abu Daud dan Nasai dengan sanad jayyid). (Fatawa al Azhar juz X hal 256)

Wallahu A’lam

Artikel yang berkaitan



17 komentar:

all about indonesia mengatakan...

ehm...gitu yah ternyata...boleh juga artikel nya

orang kampung belajar ngeblog mengatakan...

berarti Sunnah hukumnya menjauhi apa saja yang berwarna hitam ya sob ?

info tempat kost and free sms mengatakan...

syukuri apa yang ada, karena hidup adalah anugrah nice tips :)

narti mengatakan...

rambut hitam dicat hitam lagi gak boleh ya?

sda mengatakan...

artikel yang bermanfaat, kadang kita salah menafsirkan ...

Informasi Seputar Motor mengatakan...

Thanks artikelnya...

Admin mengatakan...

Rambut yang sudah beruban khan tidak boleh di cabut jadi diwarnai saja boleh yahh asalkan hindari warna hitam..begitulah yg aku simak apa benarr..???

Mat Odis mengatakan...

thanks informasinya smoga bermanfaat

kurniawan.q mengatakan...

terimaksih ilmunya mba

Bang Dje mengatakan...

Orang yang memiliki dua warna rambut (karena sudah beruban) kadang-kadang malah terlihat bijak. Mungkin karena seperti orang yang telah kenyang makan pengalaman.

Agus Siswoyo mengatakan...

menerima kodrat itu lebih menentramkan batin daripada harus banyak komplain. makasih sudah mengingatkan saya.

jasmine mengatakan...

terima diri kita apa adanya itu lah yang paling sulit,i love my self..

create online survey mengatakan...

I really happy to read this nice article....
Thanks for this good collection....

Free Jazz music Online mengatakan...

Really cool topic here with have a good advice on this post.

Start a Business mengatakan...

I am happy to find this post very useful for me, as it contains lot of information. I always prefer to read the quality content and this thing I found in you post. Thanks for sharing...

Trane Air Conditioners mengatakan...

Ok!I have no need to any confusion after dear this well collection.It is a lovely post.

Mac Disk Wipe mengatakan...

Excellent stuff from you, man I’ve read your things before and you are just too awesome. I adore what you have got right here. You make it entertaining and you still manage to keep it smart. This is truly a great blog thanks for sharing…

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi nya untuk membaca dan mengomentari artikel ini..
Komentar anda membuat saya terus semangat dalam menyampaikan,mendakwahkan dan menyebarkan agama islam